BEASISWA UNGGULAN KEMENDIKBUD

Thursday, February 23, 2017






Hai guys*^O^*
Stay strong, humble, and shiny~

Ihiiw..kali ini aku mau nyicil janji di blogpost sebelumnya.
Yess, we’ll talk about Beasiswa Unggulan dari KEMENDIKBUD.


Sebenernya aku apply Beasiswa Unggulan ini bisa dibilang ga disengaja. Aku cuma pernah denger selintas tentang beasiswa unggulan dari salah satu temen. Dan aku lupa gitu aja.
Sampai akhirnya aku dapet surat cinta dari LPDP, aku ditolak!
 Lama berselang, aku masih belum move on dari patah hati karena LPDP. Lebay yaa...haha.
Nah, suatu hari temen sekelas-ku kebetulan pinjem laptop buat buka website Beasiswa Unggulan. 
Singkat cerita ternyata dia lagi apply BU, dan itu tinggal beberapa hari sebelum penutupan pendaftaran!
Waktu itu rasanya seperti ada angin segar perlahan berhembus, tapi ga mau berharap terlalu banyak juga. Takut…takut bakal patah hati lagi kalau- kalau ditolak. Sakiiit.. asli sakit. #lah curhat?

BU Kemendikbud batch 1 waktu itu dibuka sekitar bulan juni 2016. 
Dalam hitungan waktu yang kalau ga salah sekitar 7 hari sebelum penutupan, aku ngurusin berkas- berkas yang disyaratkan.

Well, prolog-nya udah panjang banget yaa! Hahaha
 Sorry..cuma sharing aja kok ini. *peace :D

Anw, bagi kamu yang belum tahu Beasiswa Unggulan itu seperti apa dan gimana, bisa di-kepo-in dulu disini yaa☺☺☺


Firstly, buat daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud ini, kita diharuskan registrasi online terlebih dahulu di link ini:

Setelah registrasi online, nanti akan kelihatan syarat apa aja yang harus dilengkapi. Diantaranya adalah  melengkapi data diri, orang tua/ wali, organisasi, Toefl (upload), prestasi (upload), beasiswa yang dituju, upload proposal, upload rekomendasi, LoA, dan KTM (bagi yang ongoing).

Kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Lulus Berhasil Beasiswa Unggulan


Tips 
(based on my experienced)

✿  I’m not sure standard Toefl BU Kemendikbud seperti apa. Dari petunjuknya Dalam Negeri >500 dan Luar Negeri >550. Beberapa temen ada yang bilang kalo waktu verifikasi berkas ga pake Toefl ITP yang verified, alhamdulillahnya lulus. 
Jadi ga ada salahnya dicoba dulu aja apply pake Toefl prediction >500 buat dalam negeri. 
But I strongly recommended kalo kamu ngajuin Toefl ITP yang verified.

✿ Salah satu syarat BU Kemendikbud adalah upload proposal rencana studi which is 
cukup memakan waktu.  Jadi lebih baik bikin proposal dari jauh- jauh hari.

✿ Berkas lengkap. Pengelola Beasiswa Unggulan ketat banget soal berkas ini. 
Semua berkas yang kamu upload ketika registrasi online jangan sampai ada 
yang ketinggalan pas tahap wawancara.  Aku mau cerita dikit. Waktu tahap wawancara, 
aku udah bawa print-an KHS, tapi emang cuma hasil print screen-an doang. 
Aku pikir itu sudah memenuhi, karena pas upload di web registrasi online ga ada masalah. 
Pihak BU ga mau nerima KHS-nya dan aku diminta buat datang lagi besok harinya. 
Karena KHS nya dianggap belum valid, tanda tangan kontrak-pun jadi ketunda. 
Untungnya waktu itu ibu yang wawancara aku baik banget bahkan ngasih kontaknya segala. 
Soalnya aku sempat denger kasus kalau ada pendaftar yang ditunda ke batch 2 karena masalah berkas- berkas ini.

✿ Sertifikat prestasi nasional/ internasional. Beberapa temen sering banget nanyain hal ini. 
Well, menurutku ga usah ngerasa inferior dulu. 
Cantumin aja sertifikat prestasi terbaik yang kamu punya, 
entah itu tingkat apapun. Waktu itu aku cuma punya sertifikat Cerdas Cermat tingkat kampus dan Alhamdulillah keterima. Yang paling penting adalah coba dulu, kerahkan usaha terbaik, toh kita punya niat yang baik untuk melanjutkan pendidikan, berhasil atau gagal itu urusan nanti.


Well, that’s all for today. Semoga bermanfaat bagi kamu yang mau apply beasiswa ini juga yaa.
Beasiswa Unggulan dalam setahun buka dua batch. Dan sekarang lagi masa pendaftaran batch 1.
Good luck bagi kamu yang mau daftar!





Feel free buat kamu yang mau sharing atau nanya- nanya yaa :)

  

Catch me on
twitter: ms_adhitya || Instagram: prikadhitya







You Might Also Like

2 komentar

  1. Woww selamat udah ngerasain beasiswa unggulan, suamiku juga udah jd bagian BU untuk kuliah s3 nya skrg dan emang bermanfaat banget...nice share lho infonya ngebantu yang butuh juga ^_^

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..alhamdulillah, selamat buat suami-nya juga ka:)

      Delete

Hi.. Love & peace greetings from me ^O^
Kindly write your lovely comments in the comment box. I’ll read every comments I get from you.

Psstt.. Click button ‘Notify Me’ to get notification when I replied your comments.
Let’s spread love and positivity ♡♡♡

Instagram

Twitter