IKAN GORENG BALADO PEDAS

Wednesday, November 11, 2015



Sekitar dua belan terakhir (dan berhubung nenek lagi di rumah karena pasca-operasi katarak) aku jadi chef sementara (the main chef, of course, mamake) di rumah dan bertanggungjawab untuk menu setiap hari! Hhm..sedaap!:P. Curhat dikit yaa guys..sejak kecil sebenernya aku jarang banget bantuin mamake masak. Kalo disuruh bantuin ya males- malesan. Lebih memilih di kamar, nulis, dengerin lagu, baca, atau lainnya. Pas kuliah pernah beberapa kali masak kalo lagi mood. Haha. Dulu, pas jaman SMP aku mengira kalo nanti udah dewasa dan berkeluarga ga bakal bisa masak. Eeh..ternyata ga juga tuh:P. Masak malah jadi semacam naluri gitu yaa.. kemauan untuk memasak ngalir dengan sendirinya :D

Well, back to the topic guys. Pasti udah pada tahu dong guys kalo masakan minang emang terkenal endeess banget. Nah, untuk menu harian di minang paling akrab sama goreng dan gulai. Kalo sayur bening gitu sih jarang banget. Ini karena di rumah udah campur sama budaya jawa (papake) jadinya sering bikin sayur bening deh. Yang biasanya digoreng ga jauh- jauh dari ikan dan sebangsanya yang ada di
laut, karena di padang kita mudaah banget dapetin ikan segar guys. Ini salah satu hal yang sangat aku syukuri, karena sewaktu di Ciputat rasanya nyaris ga pernah ketemu ikan segar yang habis ditangkap.

Bahan- bahan:
4 ekor             Ikan (jenis apapun) ukuran sedang
1 siung            Bawang putih
5 siung            Bawang merah
15 buah           Cabe rawit
20 buah           Cabe merah
½ cm               Jahe
1 buah             Jeruk nipis kecil, peras
¼ sdt               Gula pasir (optional)
Secukupnya    Garam

How to:


♥ Cuci bersih ikan.
♥ Ulek bawang putih, jahe, dan garam. Lalu lumuri bumbu pada ikan. Diamkan selama 10 menit hingga bumbu meresap, lalu goreng ikan hingga matang.
♥ Ulek bawang merah, cabe merah, cabe rawit, dan garam. Kalo ga mau cape dan repot diblend aja yaa, tapi jangan kelamaan.
♥ Iris 1 siung bawang merah, lalu goreng. Setalah agak kecoklatan masukkan cabe+bawang yang sudah diulek atau diblend. Aduk hingga wangi dan matang, lalu tambahkan sedikit perasan jeruk nipis.
Masukkan ikan ke dalam penggorengan yang berisi cabe, aduk. Angkat. Daaan selesai! Ikan goreng balado pedas siap disantap guys!

So guys, ini dia resep ikan goreng balado pedas yang cocok bagi pedas-mania:D. Resep ini asli simple banget dan endeess banget guys J
Untuk menu pelengkap, bisa ditambahkan tahu atau tempe goreng daaan sayuran favorit! Selamat mencoba guys:D

Feel free share to me if you try this recipe.



You Might Also Like

0 komentar

Hi.. Love & peace greetings from me ^O^
Kindly write your lovely comments in the comment box. I’ll read every comments I get from you.

Psstt.. Click button ‘Notify Me’ to get notification when I replied your comments.
Let’s spread love and positivity ♡♡♡

Instagram

Twitter