Pulau Pagang dan Pulau Setan Sumatera Barat

Sunday, November 15, 2015

Pulau Pagang dan Pulau Setan Sumatera Barat

Guys, week-end nya gimana nih? Menyenangkan? :D Semoga liburannya ngasih tambahan energi positif untuk menghadapi rutinitas di hari senin ya\0.0/

well guys, aku mau share tentang perjalananku ke dua pulau di Kabupaten Pesisir selatan, Sumatera Barat. Ada yang udah pernah ke Sumatera Barat? Menurutku, provinsi ini wajib masuk dalam list destinasi liburan kamu, guys! Ga lebay ko. Sumatera Barat punya banyaaak keindahan yang sayang banget untuk dilewatin. Ada gunung, pulau, air terjun, jembatan akar yang cuma ada dua di dunia, dan banyaak lagi deh!

Back to topic, minggu ini aku melakukan perjalanan ke Pulau Pagang dan Pulau Setan. Aku menulis postingan ini di atas perahu sambil menikmati hamparan pulau- pulau kecil dalam perjalanan pulang. Surga banget!:D Bagi kamu yang orang Padang pasti udah familiar sama pulau Pagang dan pulau Setan. Pulau- pulau ini adalah salah dua dari sekian banyak pulang yang ada di Tarusan Kab. Pesisir Selatan,
Sumatera Barat. Frankly, tujuan utamanya bukan ke kedua pulau ini guys, tapi Pulau Cubadak. Tapi karena di Pulau Cubadak ini lagi ada event (aku sendiri-pun ga tahu apa) kita ga diperbolehkan masuk. Kecewa sih:’( karena Pulau Cubadak ini begitu fenomenal. Pulau ini dikontrak dan dikelola oleh bule asal Australia, sayangnya kalo ada masyarakat yang mau kesana dibatasin. Hiks. Menurut informasi dari bapak yang kemudiin perahu, Pulau Cubadak boleh dimasuki sekali setahun oleh masyarakat sekitar dengan free alias gretongan. Kalo info dari temen- temen yang udah pernah ke sana, ada yang bisa masuk asalkan ada orang dalam atau punya kenalan yang kerja di sana. Ada juga temen yang bisa masuk ke pulau ini pake jasa travel tour dengan biaya yang cukup fantastis. Sedikit informasi guys, di pulau ini transaksinya pake dollar. Hmm..rasanya nyess gitu sih yaa, tujuan utamaku ikut mamake di acara gathering yang isinya emak- emak ini kan untuk bisa ke Pulau Cubadak karena aku penasaran banget sama pulau ini, lebih dari itu, ini pulau di lautan Indonesia, tapi pribumi dibatasin untuk menikmatinya!  Karena ga bisa masuk ke pulau Cubadak, akhirnya perjalanan dilanjutkan ke Pulau Pagang.
Pulau Pagang yang terletak di pesisir selatan ini udah cukup terkenal di kalangan penikmat alam internasional, guys. Buktinya bule aja mainnya ke pulau ini. hihi.. Sedikit sejarah mengenai pulau Pagang, dari informasi yang aku peroleh ternyata pulau ini dulunya pernah dijadikan tempat untuk membina para narapidana. Jangan berpikir kalo tempat ini serem ya guys, karena memang sama sekali ga ada kesan seremnya sih menurutku. Malah peninggalannya bisa kita nikmati sekarang, yaitu view pohon kelapa yang daunnya seperti menari- nari di pulau yang eksotik. Nah, pohon kelapa ini dulunya ditanam oleh para narapidana.

Aku berangkat ke pulau pagang dengan start point dari pantai Carocok Tarusan, Kab. Pesisir Selatan. Dengan menggunakan perahu yang lumayan besar (waktu itu rombongan berjumlah sekitar 40-an)dan berkecepatan sedang, kami menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam-an. Disepanjang perjalanan, disisi kanan- kiri kita disuguhi dengan pemandangan pulau- pulau yang hijau yang bikin mata dan hati adem bangett. Bagiku yang anak pantai alias rumahnya dekat pantai, Pulau Pagang ini airnya bagus banget, jernih dan bergradasi gitu. Yang bikin aku amazed adalah pasirnya haluus banget dan putih. Seriuss halus banget! Aku belum pernah nemuin pasir pantai yang sehalus pasir di Pulau Pagang ini. Pas nyampe di pulau aku langsung telanjang kaki. Pasirnya nyaman banget dan berasa lagi jalan di atas tepung saking halusnya. Satu lagi yang bikin aku seneng sama pulau ini adalah ada bunga yang aku ga tau namanya apa yang warnanya kuning dan cantiiiik! Jadilah bunga ini objek fotoku. Untuk view-nya pulau pagang menurutku keren sih, tapi masih lebih keren view di Pulau Cingkuak, Painan. Untuk sarana hiburan, di Pulau Pagang masih minim, ada banana boat, jetksi dan peralatan snorkling, dengan jumlah yang masih sedikit. Waktu aku ke pulau ini pengunjungnya juga ga terlalu rame. Untuk masuk ke Pulau Pagang kita bayar 20 ribu per kepala. Mungkin karena ini dikelola oleh pribadi makanya jadi bayar deh. Kalo kamu yang mau bermalam, di Pulau Pagang tersedia beberapa cottages yang sederhana, atau kalo ramean mending bikin tenda sendiri untuk menginap, guys. Tentunya dengan ijin penjaga pulau terlebih dahulu yaa.

How to get there? 
Setelah puas di Pulau Pagang, rombongan cuss ke Pulau Setan. Guys, udah serem duluan ya denger namanya? Tapi sebenarnya nama pulau ini bukan Pulau Setan namun Pulau Sutan. Tapi masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan Pulau Setan-___-“. Dari pedagang di pulau aku dapat informasi kalo asal- usul nama pulau ini adalah dari nama orang yang dulunya mengurus pulau dari yang semak belukar sampe bisa dinikmati oleh orang banyak seperti sekarang ini. Tambahnya lagi, di pulau ini emang ada magisnya gitu. Tapi aku ga tanya lebih lanjut guys. Pulau Sutan ini menurutku agak kotor dibanding Pulau Pagang. Tapi banyak banget yang berkunjung kesini, guys. Sarana hiburannya juga lumayan banyak dibanding di Pulau Pagang. Ada banana boat, donat, jetksi, peralatan snorkling dengan jumlah yang lumayan laahh..  Ada yang jualan baju dan makanan juga. Dan masuk ke pulau ini gratis tis tis!
Guys bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pulau Pagang dan Pulau Setan, ga ada salahnya juga untuk memasukkan pulau berikut ini dalam list kunjungan kamu. *Pulau pamutusan. Pulai ini termasuk salah satu pulau yang cukup terkenal di kalangan anak muda Sumatera Barat. Katanya, di pulau Pamutusan ini ada bukit yang ga terlalu tinggi, jadi kita bisa foto pulau- pulaunya dari atas gitu. Huwaaa..mupeng! Katanya (lagi) Pulau Pamutusan ini deket banget sama pulau pagang guys, cuma 10 menit. Nyesel deh kenapa kemarin ga ngomporin rombongan gathering buat sekalian ke pamutusan. Telat dapet informasi sihh-__-“

 Well guys, menurutku liburan kali ini lumayan bikin fresh otak, mata, dan badan, meski agak mengecewakan karena destinasi utama ga kesampaian. Pelajaran yang aku petik dari perjalanan hari ini: * kalo mau liburan kamu lebih asik tetep ajakin temen- temen “gila”, karena aku kesini ngikut mamake yang gathering-an sama temen-temennya, jadi ya gitu deh, bisa dibanyangkan~
Pernah ke dua pulau ini guys? 

Last but not least, semoga postingan ini bermanfaat ya guys. Thank you for coming here.
Pulau Pagang dan Pulau Setan Sumatera Barat

pulau pagang
Liburan sekalian quality time sama mamake
pulau pagang


pulau pagang


pulau pagang


pulau pagang







Terakhir, Pulau Sutan. karena udah cape aku cuma ngambil gambar sedikit di pulau Sutan.

Bagi kamu yang berencana ke Pulau Pagang start point nya bisa dari Tarusan (di Carocok Tarusan) atau dari Padang (di Bungus). Untuk sampai ke pulau bisa menyewa kapal nelayan atau dengan menggunakan paket wisata yang disediakan oleh travel tour. Kalo aku boleh saranin nih guys, lebih baik menyewa kapal nelayan aja deh. Soalnya dari beberapa travel blogger yang pernah share pengalaman mereka ke Pulau Pagang dengan menggunakan jasa travel tour, rata- rata pada kecewa, bayarnya udah mahal, tapi fasilitasnya minim. Yaa ga bisa nyalahin pulau nya juga sih ya kenapa minim fasilitas...salahin aja penyedia jasa kenapa paket wisatanya mahal banget:P dan selain itu kamu bisa nambahin pemasukan buat nelayan yang perekonomiannya masih memprihatinkan.








Pulau Pagang



























Pemandangan sepanjang perjalanan ke pulau












di tebing ini tim My Trip My Adventure (Nadine Chandrawinata) lompat dan berenang di lautan lepas





 

You Might Also Like

2 komentar

  1. rencana nya besok jumat malam kami menuju ke sana liburan sm rekan2 kerja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh..selamat menikmati liburannya di Pulau Pagang mba:)

      Delete

Hi.. Love & peace greetings from me ^O^
Kindly write your lovely comments in the comment box. I’ll read every comments I get from you.

Psstt.. Click button ‘Notify Me’ to get notification when I replied your comments.
Let’s spread love and positivity ♡♡♡

Instagram

Twitter